10 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Supaya tidak Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Kinerja laptop yang lamban, tentu sangat menjengkelkan. Namun tenang, Kamu bisa mempercepat kinerja laptop Kamu dengan 10 cara ini. Kinerja laptop lamban biasanya disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya laptop yang sudah jadul, berkas sampah yang menumpuk, hingga serangan virus atau maleware.

Kinerja laptop menjadi berat jika digunakan untuk browsing atau main game biasanya terjadi pada laptop jadul. Kesalahan instalasi sistem operasi juga bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi berat. Misalnya laptop dengan RAM 1 GB menginstal sistem operasi Windows 10.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mempercepat kinerja laptop jadul maupun baru dan cocok juga untuk semua sistem operasi, mulai dari Windows xp, 7, 8, atau 10.

1. Hapus Gadget yang Tidak Terpakai pada Halaman Dekstop

Percaya tidak percaya, Gadget tampil pada halaman dekstop dapat memperlambat kinerja laptop kesayangan Kita. Hapus gadget yang tidak dibutuhkan, atau lebih baik jangan menampilkan satu pun gadget untuk mempercepat kinerja laptop.

2. Jangan Multitasking Program pada Laptop

Biasanya kinerja laptop akan menjadi berat jika ada banyak program yang sedang berjalan bersama-sama. Hal ini bisa disebut dengan menjalankan program secara multitasking, sehingga kinerja laptop menjadi lambat. Contohnya, Kamu bermain game sambil mendengarkan musik di Youtube.

Jika Kamu ingin mempercepat kinerja laptop, terutama untuk bermain game atau browsing, jangan terlalu banyak melakukan multitasking program. Tutup lah program yang tidak terpakai, seperti yang Saya lakukan, banyak program ‘Windows Explore’ terbuka namun tidak terpakai, tutup saja program tersebut.

Mempercepat Kinerja Laptop

3. Pangkas Program yang sedang Berjalan Namun Tidak Terpakai pada Startup

Selain multitasking, ada loh program yang secara otomatis akan terbuka ketika kita melakukan booting pada sistem operasi laptop. Sama seperti kegiatan multitasking, hal ini akan memperlambat kinerja laptop.

Seperti contoh berikut, program Drivermax, Internet Download Manager, dan lain-lain berjalan secara otomatis ketika saya booting ke sistem operasi. Kamu bisa menutupnya dengan cara klik kanan > exit .

Mempercepat Kinerja Laptop

Kamu juga bisa menutup program tidak terpakai yang berjalan secara otomatis dengan cara berikut berikut :

    1. Pencet tombol logo Windows + R pada keyboard Kamu
    2. Akan terbuka jendela ‘Windows Run’
    3. ketik ‘msconfig’
    4. tekan enter atau OK
    5. Akan muncul jendela’system configuration’. Pilih tab ‘Startup’
    6. Hapus centang pada program yang ingin dinonaktifkan

Mempercepat Kinerja Laptop

    • klik aply. Lalu klik OK
    • Selanjutnya Kamu akan disuruh untuk restart sistem operasi. Klik Restart
  1. Mempercepat Kinerja Laptop
    • Tunggu hingga laptop booting kembali ke sistem operasi. Dan selesai

4. Hapus File di Recycle Bin

Selain program yang bekerja secara bersamaan, disk storage yang penuh juga membuat kinerja laptop lambat. Biasanya disk penuh pada windows disebabkan oleh file sampah yang tersimpan di ‘Recycle Bin’.

Mempercepat Kinerja Laptop

Untuk mempercepat kinerja laptop Kamu, buka program ‘Recycle Bin’ dan lihat file yang benar-benar tidak dibutuhkan lagi. Hapus file sampah tersebut seperti Kamu menghapus file seperti biasanya yaitu dengan cara menekan klik kanan > delete. Kamu bisa menghapus semuanya dengan cara klik kanan > klik ‘Empety Recycle Bin’.

Mempercepat Kinerja Laptop

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi CCleaner untuk mengelola file sampah yang ada pada laptop Kamu. CCleaner menyediakan fasilitas analisa file sampah berupa file pada Recycle Bin, cookies, maupun cache.

Mempercepat Kinerja Laptop

5. Hapus (Uninstall) Program Aplikasi yang Tidak Penting

Jika mengapus file sampah masih kurang ampuh untuk mempercepat kinerja laptop Kamu, hapus lah program aplikasi yang tidak penting yang terpasang pada laptop kesayangan Kamu. Caranya cukup mudah, bisa Kamu lakukan dengan langkah membuka menu Start > Control Panel > Programs > Program and Features > Pilih program yang ingin di pasang > klik uinstal.

Mempercepat Kinerja Laptop

Kamu juga bisa menggunakan program aplikasi CCleaner untuk menhapus program aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Mempercepat Kinerja Laptop

6. Gunakan Fitur Custom Virtual Memory

Fitur Custom Virtual memory pada Windows 7, 8, dan 10 dapat membantu untuk meningkatkan kinerja laptop. Virtual Memori berfungsi menggabungkan setiap RAM aktif dan memori aktif ke dalam bentuk cakram untuk menjalankan program.

Kamu bisa mengatur ukuran virtual memory yang ingin digunakan untuk setiap disk. Berikut cara untuk mengatur virtual memory :

    1. Pencet Windows > Control Panel > pilih ‘System and Security’ > pilih ‘System’
    2. Kamu juga bisa mengakses jendela custom virtual memory dengan menekan tombol Windows+Pause/Break
    3. Pilih ‘Advanced System Settings’
    4. Masuk ke tab ‘Advanced’
    5. Pilih Settings pada bagian ‘Performance’
    6. pilih lagi tab Advanced pada jendela ‘peformance options’
    7. Pilih ‘Change’ pada bagian ‘Virtual memory’
    8. Hapus centang ‘Automatically manage paging file size for all drives’
    9. Selanutnya pilih opsi ‘Custom size’
    10. Atur sesuka hati Kamu, Pastikan tidak melebihi ‘space available’
    11. Jika sudah,pilih Set, kemudian klik OK

Mempercepat Kinerja Laptop

7. Install Antivirus

Selain miltitasking dan disk storage yang menumpuk, virus dan maleware juga bisa membuat kinerja laptop melambat loh. Pasanglah program aplikasi antivirus pada laptop kesayangan Kamu. Pastikan Ativirus yang Kamu pilih sesuai dengan spesifikasi laptop kesayangan Kamu, yah. Jangan sampai program Antivirus tersebut membuat kinerja laptop Kamu menjadi lambat,bukan mempercepat kinerja laptop.

8. Gunakan Fitur Disk Defragmenter

Fragmentasi data dapat membuat drive laptop Kita bekerja lebih keras, hal ini akan menyebabkan kinerja laptop menurun. Oleh sebab itu, gunakanlah program Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data-data yang terfragmentasi. Anda dapat melakukannya dengan cara klik kanan drive yang ingin didefragmenter >pilih Properties > masuk ke tab tools > Pilih ‘Difragment now’ > pilih ‘analyze disk’ > tunggu hingga proses scan selesai > pilih ‘Defragment now’.

Mempercepat Kinerja Laptop

9. Gunakan Disk Cleanup

Jika Kita pernah melakukan instalasi ulang sistem operasi ada beberapa disk backup yang masih tersimpan di penyimpanan Kita. Kita bisa menghapus file tersebut dengan menggunakan fasilitas program ‘Disk Cleanup’ yang sudah disediakan oleh sistem operasi. Cara menggunakan program ‘Disk Cleanup’ sangat mudah yaitu dengan masuk ke ‘my computer’ > Pilih disk yang ingin dibersihkan > pilih ‘Properties’ > pilih Disk Cleanup (biasanya menumpuk pada disk utama (Disk C) > Tunggu hingga proses scan selesai > akan muncul jenis disk sementara dan ukurannya > ceklis pada disk sementara yang ingin dihapus > Jika sudah, Klik OK > Tunggu hingga proses pengahapusan selesai.

10. Upgrade Komponen Laptop

Jika 9 Cara mempercepat kinerja laptop diatas masih tidak worth it ketika Kamu aplikasikan, ada kemungkinan komponen laptop Kamu tidak sesuai dengan kebutuhan penggunaan laptop. Untuk itu, disarankan untuk mengganti komponen laptop agar lebih baik.
Kamu bisa menambah kapasitas hardisk agar ukuran penyimpanan menjadi lebih besar dan proses transfer data menjadi lebih cepat untuk mempercepat kinerja program laptop. Kamu juga bisa menambah ukuran RAM untuk mempercepat kinerja laptop.

Kesimpulan

Berikut adalah 10 cara ampuh untuk dapat mempercepat kinerja laptop Kamu. Jika masih belum worth it ketika mengaplikasikan cara tersebut, cobalah untuk mengganti laptop jadul Kamu ke laptop masa kini agar mendapat peforma laptop yang baik dan cepat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *