Begini Cara Mematikan Windows Defender yang Efektif

Antivirus menjadi komponen penting bagi pemilik perangkat elektronik seperti laptop, ponsel, maupun komputer PC. Meskipun sangat krusial, namun keberadaan software tersebut kadang membatasi pengguna untuk berkreasi, sehingga muncul pencarian layaknya cara mematikan Windows Defender.

Langkah-langkah Mematikan Windows Defender

Sama seperti software dengan cara mengatasi virus & threat protection lain, Windows Defender juga bisa memperkecil kemungkinan koneksi “jahat” masuk ke perangkat elektronik. Sistem bawaan Microsoft tersebut dapat mendeteksi isi dari aplikasi yang akan diinstal.

Sayangnya, banyak orang memilih untuk mencari cara hapus Windows Defender karena sering menghalangi mereka untuk menginstal software baru. Hal seperti ini dianggap sebagai penghalang sebab tidak sedikit yang mengalami keterbatasan.

Meskipun begitu, tidak perlu bingung walaupun progamnya termasuk aplikasi bawaan. Ada beberapa cara uninstall Windows Defender yang dapat Anda ikuti, agar tetap bisa mengakses beragam software besutan non-Microsoft.

Cara Mematikan Windows Defender di Versi 7 dan 8

Pada langkah berikut ini, Anda perlu mengecek dulu versi berapa sistem operasi yang ada laptop maupun komputer. Cara menonaktifkan Windows Defender Windows 7 dan 8 ini, agaknya sama saja serta bisa dilakukan secara sementara maupun permanen. Berikut ulasannya:

Buka Program Microsoft Menu

Untuk melakukan cara ini, Anda harus membuka dulu program Windows Defender di dalam laptop. Tekan simbol Start pada sisi kiri bawah, atau bila ingin cepat bisa langsung menekan tombol Winkey di dekat Alt.

Setelahnya, akan muncul sebuah kotak berisi menu dari sana. Mungkin tampilannya lumayan berbeda mengingat kedua versi tersebut di setting dengan interface masing-masing. Namun, cara menonaktifkan Windows Defender Windows 8 sepertinya sama.

Temukan Windows Defender

Setelahnya, ketikkan pada kolom di sisi bawah “Windows Defender” maka, akan muncul software tersebut pada layar. Setelahnya, bisa klik atau tekan Enter agar terbuka. Maka, Anda langsung dibawa ke dalam program tersebut yang berbeda sedikit dengan cara mematikan antivirus Avira.

Cara mematikan Windows Defender selanjutnya adalah dengan mencari menu Tools pada program tersebut. Letaknya berada di atas, berderet bersama opsi lainnya. Setelah itu, pilih kategori Options.

Menonaktifkan Sistem

Di dalam menu Option tersebut, terdapat beberapa pilihan lain, ada dua kotak utama di sana. Cari pada sisi kiri opsi Administrator. Letaknya di bagian paling bawah, dan setelahnya bisa mempelihatkan beberapa kategori lain untuk melakukan cara mematikan anti virus selanjutnya.

Terdapat dua pilihan lain lagi di bagian samping menu Administrator. Hilangkan centang pada kalimat Use This Program untuk menonaktifkan program tersebut sementara waktu. Anda masih bisa mengaktifkannya kembali bila dirasa perlu seperti cara mematikan Windows Firewall di XP.

Langkah diatas bisa Anda gunakan di setiap merk perangkat lunak. Sama halnya dengan cara mematikan antivirus di laptop Asus, Acer, Samsung, dan masih banyak lagi, asalkan mereka menggunakan OS Microsoft.

Cara Uninstall Windows Defender Pada Versi 7 dan 8 Secara Permanen

Bila Anda ingin menggunakan antivirus lain lalu mengosongkan sedikit space pada laptop, layaknya cara mematikan Windows Defender Windows 7 dan 8 secara permanen patut digunakan. Langkah-langkahnya sendiri pun hampir sama, yakni sebagai berikut.

Buka Program Microsoft Menu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka program Menu pada Microsoft. Klik ikon Start di sisi kiri bawah atau tekan tombol Windows Key yang ada di dekat Alt. Dengan begitu, deretan program akan muncul sendiri disana.

Setelahnya, ketik Run pada kolom di sisi bawah. Hal ini juga bisa Anda lakukan bila menggunakan software penangkal virus lain. Contohnya saja seperti cara mematikan antivirus Smadav yang umum digunakan masyarakat. Setelahnya, tekan Enter untuk memulai.

Nonaktifkan Windows Defender Langsung dari Program

Pada jendela Run, ketikkan lagi servise.msc karena program tersebut menggunakan semacam menu lagi di dalamnya. Tersedia beragam opsi yang bisa Anda pilih, namun kali ini akan fokus ke Windows Defender saja. Gulir ke bawah untuk menemukannya.

Untuk langkah yang satu ini, mungkin hanya bisa digunakan pada program besutan Microsoft saja karena adanya pembubuhan .msc di belakang program. Jadi, bila Anda ingin tahu cara mematikan antivirus Mcafee mungkin, maka ketentuannya bisa lain lagi.

Disable Program

Apabila jendela Service tersebut sudah muncul, maka akan keluar program lokal bawaan Microsoft yang tertera disana. Klik pada bagian Windows Defender, lalu secara otomatis Ia akan menampilkan beberapa menu tambahan di bagian samping.

Langkah ini mungkin tidak sama dengan cara mematikan antivirus Smadav Windows 8 yang juga bukan program asli Microsoft, karena hanya tinggal dihapus saja dari program seperti software lain. Win Defender harus di Stop dulu pada Service Status, baru boleh di non-aktifkan.

Apabila status pada Windows Defender Anda sudah berubah jadi Stopped, maka biarkan saja dulu beberapa saat. Lalu, dalam opsi Startup Type pilih Disable. Hal ini memungkinkan pengguna sudah tidak bisa mengakses cara mengaktifkan anti virus Windows 7.

Restart Laptop atau Komputer PC untuk Menormalkan Pengaturan Baru

Setelah Anda mengaktifkan Disable pada Startup Type dan mengganti statusnya, klik tombol Apply di bagian bawah. Lalu, lakukan Restart pada laptop atau komputer PC setelah program kembali ke desktop. Maka Windows Defender tidak bisa dibuka lagi.

Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi bila merasa kenapa Windows Defender tidak bisa dibuka pada komputer PC maupun laptop. Penghapusa permanen seperti ini memungkinkan pengguna harus mengunduh free download nodefender bila ingin memakai antivirus baru.

Melakukannya di gpedit.msc

Mungkin banyak yang masih awam tentang menu ini, padahal fungsinya hampir sama dengan langkah-langkah di atas. Menu gpedit.msc yang bisa diketikkan pada Run mampu mempersingkat cara mematikan Antimalware Service Executable dalam laptop maupun komputer PC.

Di dalamnya, terdapat beberapa menu untuk mengubah dan melihat pengaturan pada Setting yang digunakan pengguna dalam laptop maupun komputer PC nya. Termasuk mematikan Windows Update Windows 10 permanen maupun mengaktifkan Defender di Win 7.

Pengaturan di dalam gpedit.msc ini ada tiga buah, yakni Configured, Enable, dan Disable yang bisa langsung diakses dengan menekan Start. Setelahnya, ketik Run pada kolom pencarian. Lalu tulis alamat tersebut disana. Klik OK atau Enter ketika selesai.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Mematikan Windows Defender Pada Versi 10

Selain banyak orang mencari cara mematikan Smadav secara permanen maupun antivirus lain, mereka juga mencoba untuk mematikan Windows Update Win 10, dimana sistem operasi tersebut masih terbilang baru.

Kebanyakan orang merasa resah karena perbedaan yang ditampilkan sistem operasi terbaru besutan Microsoft tersebut. Namun di bawah ini akan dibagikan bagaimana cara menonaktifkan Windows Update Windows 10 secara cepat dan mudah.

Buka Program Microsoft Menu

Untuk menonaktifkan program tersebut, pertama klik Start pada sisi kiri desktop. Atau kalau ingin cepat sambil membuka jendela lain, bisa menekan tombol Windows Key di dekat Alt. Maka, akan muncul banyak program disana yang dapat Anda pilih.

Selanjutnya, ketikkan Update & Security pada bagian kolom pencarian. Tekan Enter atau klik gambar kaca pembesar kecil yang ada di sisi kanan. Langkah ini bisa Anda gunakan ketika ingin tahu cara mengaktifkan Windows Defender Windows 7 dengan mudah.

Ubah Status Windows

Pada jendela tersebut terdapat banyak program keamanan yang disematkan Microsoft pada sistem operasinya. Selanjutnya, klik Setting lalu pilih menu Windows Defender. Anda juga bisa mengaksesnya langsung dengan klik Run serta cari gpedit.msc.

Dari sana, ubah Real Time Status Protection dan Cloud Based Protection yang berfungsi untuk melindungi banyak  kinerja progam dalam Microsoft dari On menjadi Off. Langkah ini mungkin tidak akan Anda temui saat mencari cara mematikan Mcafee atau antivirus lainnya.

Setelah mengubah status tadi menjadi Off, maka Windows Defender Anda sudah nonaktif. Namun, hanya dalam beberapa jam saja. Tidak seperti cara mematikan Avast dimana dapat berlaku secara permanen.

Cara Uninstal Windows Defender Pada Versi 10 secara Permanen

Apabila cara diatas kurang efektif menurut Anda, maka pengguna masih bisa mematikan Windows Defender Permanen di Win 10, agar tidak dapat menyala mendadak ketika tengah dilakukan penginstalan software. Langkahnya sebagai berikut:

Buka Program Microsoft Menu

Sama seperti yang lainnya, Anda harus membukanya melalui Start di sisi kiri desktop. Atau, tekan tombol Windows Key pada keyboard. Hal ini bisa dilakukan juga ketika ingin tahu cara mengaktifkan Windows Defender Win 10 Pro.

Di kolom pencarian, ketik Edit Group Policy lalu tekan Enter. Anda juga bisa mengaksesnya melalui Run lalu masukkan gpedit.msc. Maka, keluar menu yang sama dari sana. Hal ini dapat menyelesaikan masalah “This setting is managed by your administrator” pada program.

Biasanya, ketika ada masalah pada Windows Defender tidak bisa dimatikan, tulisan tersebut muncul dan menyebabkan ketidak nyamanan saat menggunakan laptop. Maka, siasat diatas dapat dijadikan pemecahnya.

Atur Melalui Local Group Policy Editor Windows 10

Setelahnya, akan muncul beberapa menu. Langsung saja Anda pilih tulisan Local Group Policy Editor Windows 10. Klik tulisan tersebut lalu arahkan lagi pada opsi Computer Configuration. Setelahnya, tekan Administrative Template.

Pada menu Administrative Template tersebut, pilih menu Component dimana akan muncul lebih banyak pilihan lain disana. Gulir ke bawah hingga ketemu Windows Defender Antivirus. Langkah di atas bisa Anda gunakan juga sebagai cara mematikan Windows Defender Smartscreen.

Uninstal Windows Defender

Setelahnya, klik dua kali pada menu tersebut lalu uninstal program pada menu Turn Off Windows Defender Antivirus. Muncul lagi menu Enabled yang bisa langsung Anda tekan. Pilih tombol Apply dibawah, selanjutnya tekan OK.

Anda tidak perlu merestart seperti pada versi 7 atau 8. Bila ingin menginstalnya lagi, maka harus download Windows Defender Windows 10 lebih dulu. Pastikan juga kalau pengaturan Group Policy aman. Jangan sampai gpedit.msc tidak bisa dibuka lagi.

Sebelum Memutuskan Uninstal Windows Defender

Sebelum Anda memutuskan untuk uninstal Windows Defender, pastikan bahwa hal tersebut memang benar-benar penting. Karena setelah melakukannya, kemungkinan virus dan malware asing masuk kedalam komputer besar.

Untuk itu, jaga-jaga, download windows defender windows 10 64 bit dan simpan dulu pada laptop kalau belum mau menginstal. Meskipun kesannya membatasi, namun antivirus ini terbilang ampuh bagi segala perangkat Microsoft.

Itulah tadi sedikit cara mematikan Windows Defender yang bisa diakses dari beragam versi terbaru sistem operasi Microsoft. Selalu pikirkan matang-matang lebih dulu segala resiko sebelum melakukannya agar laptop bisa terlindungi.

 

Tinggalkan komentar