Skip to main content

Cara Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi dan Mengatasi Masalah yang muncul saat Proses UBL

Melakukan unlock boot loader (UBL) pada HP Xiaomi tidak semudah melakukan unlock boot loader (UBL) pada HP lainnya, pasalnya Kamu harus mendapatkan izin dari developer agar bisa melakukan UBL pada berbagai jenis HP Xiaomi. Bahkan terkadang melakukan UBL pada berbagai HP Xiaomi sering terjadi masalah seperti pesan eror “Couldn’t Unlock After 72 / 360 / 720 hours, Hp tidak terdeteksi MI Unlock Tools, dan lainnya”. Berikut Kamu ulas cara UBL HP Xiaomi beserta cara mengatasi setiap masalah atau pesan eror yang muncul ketika proses UBL.

Cara UBL Semua Jenis HP Xiaomi Tanpa Meminta Permohonan UBL kepada pihak Xiaomi

Sebelum melakukan UB ada syarat – syarat yang harus Kamu patuhi, diantaranya :
  1. Menggunakan ROM asli Xiaomi (MIUI) entah itu versi Stable, Developer, China atau Global.
  2. Komputer yang terhubung dengan Koneksi internet.
  3. Komputer sudah terinstall “Xiaomi USB Driver”.
  4. HP Xiaomi sudah mengaktifkan opsi USB Debugging dan OEM Unlock pada ponsel xiaomi.
  5. Sudah Menginstal “MI Unlock Tools” pada Komputer Kamu, Jika belum silahkan unduh di website official Xiaomi
Jika semua persyaratan diatas sudah Kamu penuhi, Kamu bisa langsung mengaplikasikan x langkah dibawah untuk dapat melakukan UBL pada HP Xiaomi.

1. Memiliki Akun Mi atau Membuat Akun Mi

Pertama-tama siapkan Akun MI terlebih dahulu, Selanjutnya pasang pada HP Xiaomi Kamu. Namun jika Kamu belum mempunyai Akun MI, Bisa Kamu buat terlebih dahulu cengan cara masuk ke Pengaturan – > MI Account. Lakukan pendaftaran seperti membuat akun Google. Setelah memiliki akun MI, tautkan akun MI ke ponsel xiaomi milik Kamu. Caranya cukup mudah, masuk ke pengaturan Pengaturan – > Developers options – > Mi Unlock status – > pencet “add account devices”. Pada tahap ini pastikan Hp Xiaomi Kamu memiliki akses internet. Jika berhasil menautkan Akun MI dengan HP Kamu akan muncul notifikasi “Add Successfully MI Account is associated with this device now”.

2. Masuk ke Fastboot pada HP Xiaomi Kamu

Setelah menautkan akun MI dengan HP Xiaomi Kamu, Matikan HP Xiaomi kamu, kemudian cobalah masuk ke Mode Fastboot. Untuk masuk ke mode fastboot Xiaomi bisa kamu lakukan dengan cara menekan dan menahan Volume Bawah/Down dan Power secara bersamaan hingga muncul tulisan Fastboot.

3. Eksekusi dengan Mi Flash Tools

Jika HP Xiaomi Kamu sudah berhasil memasuki mode fastboot. Buka lah aplikasi MIFlash_Unlock.exe dengan cara mengklik kanan – > Run as Administrator. Selanjutnya tunggi hingga aplikasi berhasil dibuka. Tampilan awak aplikasi Mi Flash Tools akan muncul pesan “disclaimer”, pilih saja setuju dengan mengklik pilihan “agree”. Selanjutnya, login ke akun Mi yang tertaut pada HP Xiomi Kamu dengan Nomor hp paswordnya yang sudah Kamu buat. Selanjutnya Sign seperti biasa. Selanjutnya hubungkan HP Xiaomi kamu ke PC/Laptop dengan cable USB.

Baca Juga : Trik Internet Gratis Unlimited Indosat Terbaru

Selanjutnya perhatikan software MI Unlock, pastikan ada tulisan “Phone Connected” pada status MI Phone yang ada pada software MI Unlock. Pastikan Kamu sudah menginstal driver MI USB Driver sampai selesai, Jika Kamu gagal menginstal MI USB Driver HP Xiaomi kamu tidak juga terdeteksi oleh Komputer. Jika HP Xiaomi Kamu sudah terhubung dengan baik ke Komputer, langkah selanjutnya adalah melakukan proses unlock boot loader (UB) dengan mengklik tulisan “Unlock”. Setelah itu,Tunggu saja hingga proses UBL selesai. Jika proses UBL berhasil akan ada tulisan “Unlocked Succesfully”. Selanjutnya Klik “Reboot Phone” dan selamat proses UBL telah berhasil.

Masalah Pada Proses UBL dan Cara Mengatasinya

Proses UBL akan lancar jika Kamu pernah melakukan UBL sebelumnya. Namun jika baru pertama kali melakukan Unlock Bootloader, Proses UBL akan Stuck atau berhenti di 99% dan selanjutnya akan muncul pesan “Couldn’t Unlock. After 360 hours of trying to unlock the device”. Hal ini menandakan proses UBL gagal dan Kamu harus menunggu selama 15 hari agar bisa melakukan UBL kembali. Selain itu ada masalah lain seperti Current account is not bound to this device, dan lain-lain. Lantas bagaimana mengatasi nya ? berikut caranya.

Couldn’t unlock. After xx hours of trying

Ada beberapa jenis trouble pada Couldn’t unlock. Jenis tersebut dibedakan dari waktu agar bisa melakukan UBL Kembali. Ada yang 72 jam (3 hari), ada yang 360 jam (15 hari), bahkan ada yang 720 Jam (30 hari). Cara mengatasi trouble Couldn’t unlock ketika proses UBL HP Xiaomi adalah menunggu hingga dapat melakukan UBL lagi, setelah menunggu, Kamu pasti akan bisa melakukan UBL dengan cara diatas. Rate keberhasilan UBL setelah mendapat “pesan Couldn’t unlock.” Adalah 100%.

Masalah Current account is not bound to this device

Selain masalah Couldn’t unlock. After XX hours of trying, ada masalah Current account is not bound to this device ketika melakukan proses UBL. Mengatasi masalah Current account is not bound to this device cukup mudahasalhkan HP Xiaomi kamu masih bisa menyala dan masih bisa gunakan. Caranya cukup mengaktifkan Opsi Developers Options di HP Xiaomi Kamu terlebih dahulu. Selanjutnya pilih MI Unlock Status, Selanjutnya Masukan akun MI kamu, pada pilihan Add Account and device sampaiberhasil. Nanti akan muncul notifikasi “Add Seccessfully MI Account is associated with this device now”; Well jika sudah silahkan lakukan UBL seperti langka – langkah diatas. Dijamin proses UBL akan berhasil 100%.

Baca Juga : Aplikasi Joox MOD VIP + K-VIP Offline Installer

Masalah Gagal UBL di 99% – Account not bound

Kesalahan kecil pada pengaturan HP Xiaomi bisa menyebabkan kegagalan pada proses UBL. Kegagalan Account not bound pada HP Xiaomi disebabkan HP berada dalam keadaan mode hemat daya. Mode hemat daya memiliki dampak menonaktifkan fitur sync sehingga sinkronasi akun MI tidak dapat dilakukan. Untuk itu seleum melakukan UBL pastikan fitur sync pada HP Xiaomi Kamu dalam keadaan aktif. Namun jika gagal, Kamu harus menunggu beberapa hari agar akun MI Kamu dapat terhubung dengan server..

Masalah HP Xiaomi Tidak Terdeteksi pada MI Unlock Tools

Ada beberapa faktor yang menyebabkan HP Xiaomi tidak terdeteksi oleh aplikasi MI Unlock.Untuk mengatasi masalah ini terbilang cukup sulit, karna kita harus mendiagnosa terlebih dahulu faktor apa saja yang menyebabkan HP Xiaomi tidak mau terdeteksi pada komputer. Beberap Faktor penyebab HP Xiaomi tidak terdeteksi pada komputter di aplikasi MI Unlock Tools diantaranya :
  1. Kualitas Cable USB yang jelek atau Cable USB rusak
  2. Xiaomi USB Driver belum terinstal pada Komputer Kamu
  3. Aplikasi MI Unlock Tools dianggap maleware oleh anti virus yang ada pada Komupter Kamu
Well pastikan ketika menghubungkan HP Xiaomi Kamu ke Komputer untuk melakukan proses UBL pastikan Cable USB memiliki kualitas yang baik, melakukan chek up Xiaomi USB Driver dan menonaktifkan anti virus yang terpasang pada Komputer Kamu.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar