5 Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Menyusui Supaya ASI Lancar dan Berkualitas

Keperluan nutrisi yang memadai tidak hanya dibutuhkan bunda selagi masa kehamilan saja, melainkan juga seusainya, yakni di masa menyusui si kecil.

Dari beberapa sumber nutrisi penting, salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah sayur-sayuran. Sebab, sayuran mengandung beberapa zat gizi penting yang dibutuhkan oleh bunda dan bayi.

Lantas, supaya ASI lancar, tipe sayuran apa yangharus dimakan ibu?

Opsi sayur ini bisa membikin produksi ASI lancar

Sama semacam saat hamil, keperluan nutrisi  seorang perempuan  sebagai bunda menyusui juga tidak kalah besar, sebab untuk memenuhi keperluan bayi dan diri sendiri.

Oleh sebab itu, penting bagi  Engkau  untuk rutin berusaha mencukupi keperluan nutrisi supaya ASI lancar dan bernilai.

Tidak hanya itu, supaya ASI lancar ada beberapa sumber makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi oleh para ibu, salah satunya dari sayuran.

Berikut ini beberapa opsi sayur yang paling baik untuk bunda menyusui supaya ASI lancar:

1. Bayam

Apabila sebelumnya  Engkau  sempat mengalami perdarahan seusai melahirkan, makan makanan sumber zat logam semacam bayam bisa menjadi solusinya.

Bukan tanpa alasan, sebab bayam dipercaya manjur untuk meningkatkan kadar zat logam tubuh berkah kandungan zat besinya yang tinggi.

Hal ini pun berlanjut di masa menyusui. Beberapa tipe sayuran hijau berdaun gelap, termasuk bayam, mengandung kaya bakal nutrisi semacam kalsium, vitamin A, dan vitamin C yang baik untuk bunda dan bayi.

Bahkan, kandungan antioksidan dalam bayam dipercaya rendah kalori dan bisa menyehatkan jantung. Tidak hanya itu, fitoestrogen yang ada dalam bayam mempunyai efek positif kepada kelancaran produksi ASI.

2. Bawang putih

Selain bisa melezatkan cita rasa sebuah masakan, nyatanya bawang putih juga termasuk salah satu sumber galactagogue paling baik, yakni senyawa yang bisa membikin ASI lancar.

Walau sebagian orang menganggap bahwa apabila tidak jarang makan bawang putih, maka aroma bawang tersebut bisa memengaruhi ASI.

Faktanya tidak semua begitu, sebab makanan apapun yang  Engkau  makan tidak bakal mengganggu rasa alamiah dari ASI. Uniknya lagi ada salah satu penelitian justru menunjukkan kalau makan bawang putih menolong bayi supaya bisa menyusu lebih lama.

3. Wortel

Wortel mempunyai dengan warna oranye yang cerah dan cantik.

Sayuran yang populer dengan manfaatnya untuk menyehatkan mata ini, kaya bakal vitamin A, vitamin B1, vitamin K, dan kalium.

Beta karoten adalah antioksidan alamiah dalam wortel yang sangat dibutuhkan selagi masa menyusui.

Itu sebabnya, supaya ASI lancar dan bernilai baik,  Engkau  bisa mempercayakan wortel sebagai sayuran yangharus ada di menu harian.

4. Brokoli

Brokoli termasuk dalam sayuran berwarna hijau gelap lainnya, sama layaknya semacam bayam.

Sayuran yang satu ini juga diyakini bisa memperlancar produksi ASI, terlebih sebab telah dibekali dengan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan mangan.

Yang paling penting, kandungan asam folat yang lumayan tinggi pada brokoli berperan dalam menolong perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang sehat pada bayi.

Kandungan fitoestrogen yang tidak kalah baik dalam sayur brokoli nyatanya mempunyai efek positif kepada produksi ASI.

5. Daun katuk

Daun katuk terbukti telah populer berkah popularitasnya dalam meningkatkan produksi ASI.

Faktor ini pun dibuktikan dengan terbitnya sebuah penelitian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI, yang menyebutkan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada bunda menyusui sanggup memperbanyak sekaligus melancarkan produksi ASI, daripada bunda menyusui yang tidak mendapat ekstrak daun katuk.

Kandungan dalam daun katuk meningkatkan produksi susu dan juga memberi kamu  dan si kecil nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, dan lainnya.

Pada intinya, penting untuk rutin makan makanan yang sehat selagi masa menyusui. Tujuannya bukan hanya supaya tubuh  kamu  bisa menjalankan tugasnya dengan cara optimal, tapi juga supaya buah hati  kamu  memperoleh nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya dan akan semakin memperkuat daya tahan tubuh balita.

Selain makan sayur,  kamu  juga bisa memenuhi keperluan nutrisi dengan makan buah-buahan, lemak sehat, biji-bijian, dan beberapa sumber makanan sehat lainnya demi nilai ASI yang baik.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel