Skip to main content

follow us

Kriuk…kriuk…., renyah keripiknya, renyah juga untungnya. Meski keripik adalah makanan murah, namun tidak lantas menjadi makanan murahan. Telebih untuk keripik singkong yang dulunya dinilai sebagai makanan khas orang-orang di kampung maupun di pedesaan. Karena singkong sendiri memang merupakan makanan yang biasa kita temukan di dusun-dusun.

Namun lain dulu lain sekarang, kini singkong lebih punya nilai ekonomis tinggi di mata masyarakat wirausahawan di bidang makanan, baik makanan ringan maupun industri pangan yang menjadikan singkong sebagai bahan utamanya, mengingat potensi singkong sebagai objek untuk berbisnis, tentu bisa segera kita coba. Terlebih untuk komoditi seperti keripik singkong, kini sedang naik daun di mata para pecinta camilan.

Memilih singkong sebagai bahan baku untuk membuat keripik, tentunya bisa menjadi alternatif bisnis makanan dengan modal kecil. Karena bahan baku singkong sendiri memang bisa diilang cukup ekomonomis bagi usaha mikro, kecil, maupun menengah. Dan memproduksi keripik singkong dalam sakala kecil maupun besar, potensi akan pasarnya akan selalu terbuka dan selalu diminati para penikmat camilan murah namun renyah ini.

Camilan Enak dan Murah

Jajanan murah punya kecenderungan mudah laku dan bagi para pelaku usaha makanan ringan, biasanya akan lebih mudah menjalankan perputaran uangnya. Keripik singkong sendiri menjadi jajanan yang cukup ekonomis bagi berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Baca : Bisnis Online Bagi Mahasiswa

Keripik singkong sendiri bisa dibilang cukup berfariasi dari segi rasa maupun harga. Bidikan konsumen akan mudah kita tentukan sesuai produk yang dibuat. Kini keripik singkong pun tak jarang dikemas dalam rasa keripik pedas yang cukup menggugah selera namun dengan harga yang cukup ekonomis.

Singkong Mudah Didapat

Ini merupakan sebuah anugrah tersendiri bagi masyarakat pedesaan, dimana ada banyak lahan kosong yang bisa diotimalkan untuk menanam singkong. Singkong unggulan sebagai bahan baku untuk membuat keripik singkong maupun jenis makanan lain yang terbuat dari singkong, tentu cukup dicari bagi kebanyakan pelaku industri keripik singkong, getuk singkong hingga tape singkong.

Dan untungnya singkong juga cukup mudah didapat, terlebih untuk lokasi-lokasi di daerah yang banyak pekarangan di belakang rumah para warga terdapat kebung singkong skala kecil. Di pasar pun kita akan cukup mudah menemukan singkong, namun untuk jumlah yang cukup besar, kita pun bisa mendapatkannya langsng pada petani singkong maupun membeli singkong di kebun-kebun kecil milik warga desa.

Singkong Sedang Naik Kelas

Hore.. singong naik kelas… , hehe bukan lantaran nilai rapotnya bagus atau lulus ujian kenaikan kelas, namun naik kelasnya singkong ini lantaran banyak inovator di bidang bisnis makanan membuat kemasan produk dari bahan baku singkong degan harga mahal.

Keripik Maicih dari bandung misalnya, meski dari bahan baku singkong, namun pasarannya menembus pangsa pasar kalangan menengah ke atas. Dan tidak hanya Maicih saja, banyak keripik singkong pedas dari berbagai brand yang cukup dicari masyarakat.

Setelah kita sudah memantapkan untuk memulai Bisnis Camilan Kripik Singkong ini hal yang perlu diperhatikan dan dikerjakan selanjutnya yaitu bagaimana cara memasarkannya, bisnis apa saja kalau tanpa ada pemasarannya tidak mungkin bisa sukses dan berkembang seperti yang diinginkan oleh semua orang.

Baca : Bisnis Sampingan dari Rumah yang Untung Melimpah

Ada beberapa cara untuk memasarkan Camilan Keripik singkong ini yang bisa anda jadikan pertimbangan.

Memiliki Keunikan

Buatlah produk kripik yang anda jalankan se unik mungkin biar produk kita mempunyai ciri khas tersendiri dan terlihat berbeda dari usaha kripik pesaing kita. Banyak yang bisa dibuat unik dari produk kita, diantaranya dari kemasan, rasa dan cara promosi kita kepada calon pebeli.

Promosikan Produk

Agar produk kripik kita dikenal banyak orang langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan promosi. Banyak cara untuk melakukan promosi apalagi sekarang dimudahkan dengan adanya media sosial, jadi kita tinggal mempromosikan produk yang kita punya di media sosial seperti di Facebook, Twitter, Instagram, Dll.

Atau kita bisa promosikan kepada teman dekat dan kerabat, dengan demikian secara tidak langsung mereka juga  bisa membantu mempromosikan produk kita.

Mencari Distributor yang Tepat

Dengan kita bekerja sama dengan distributor atau istilah kerennya sekarang adalah reseller maka mereka akan membantu memasarkan produk kripik singkong kita. Tipsnya yaitu pilihlan distributor yang mempunyai jaringan yang luas.

Jika kripik singkong kita sudah memiliki peminat yang banyak, maka akan banyak distributor yang akan menjualkan produk kripik kita.

Pelayanan Maksimal

Hal yang sangat penting dalam memasarkan sebuah produk yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan kita atau calon pelanggan, karena kalau cuman promosi saja belum cukup dalam untuk memasarkan sebuah produk.

Baca : Peluang Usaha Sampingan Yang Bisa Diambil Dan Dimanfaatkan

Jadi yang perlu diperhatikan adalah hubungan baik dan pelayanan yang baik untuk pelanggan. Pelanggan yang sudah nyaman dengan pelayanan kita secara otomatis akan menceritakan kepada teman-teman mereka tentang kualitas produk kita dan pelayanannya.

Jadi mulai sekarang jangan di anggap remeh terhadap singkong ini, jika dikelola dengan baik dan dengan pemasaran yang juga baik akan menambah pundi-pundi rupian bagi para sobat sekalian. Semoga Sukses.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar