Skip to main content

follow us

Bisnis kuliner memang peluangnya besar. Oleh karenanya, pada artikel – artikel kemarin kami membahas mengenai ide usaha katering. Apalagi ide usaha katering ini cocok dijalankan di era kekinian, yang menuntut sebuah kecepatan konsumsi.

Selain bisnis catering, ada juga bisnis kuliner lainnya. Sayangnya bisnis kuliner sering kali tidak sesuai dengan espektasi. Sebagian ada bisnis kuliner yang tidak diterima di pasaran. Bahkan ada banyak artis yang gagal kok, dalam bisnis kuliner. Salah satunya artis Briptu Norman Kamaru, yang gagal berbisnis kuliner bubur.

Adanya fakta yang sedemikian ini menjadi bukti. Bahwa menjalankan bisnis kuliner dengan mengandalkan kepopuleran pemiliknya saja tidak menjamin, kalau bisnis kuliner itiu bakalan sukses. Demikian pada seorang ahli kuliner, dalam hal ini seorang chef. Seorang chef sekalipun berpotensi gagal, usaha kulinernya yang ia jalankan.

Tahukan kamu, kalau Chef Juna itu sudah menutup sebagian restorannya, karena tak mampu menggaet banyak konsumen ? Ini juga menjadi bukti, bahwa usaha kuliner itu tidak mudah. So, agar bisnis kuliner yang kalian jalankan tidak mengalami kegagalan. Ada beberapa poin - poin kritis yang akan kami paparkan, kenapa usaha kuliner kalian bisa mengalami kegagalan. Simak ulasannya dengan baik ya.

Menjadikan Bisnis Kuliner Sebagai Hobi Saja

Kalian kerja kantoran nih? Tapi mau nyambi usaha bisnis cafe ? Lha kapan kamu mau mengurusin bisnis cafenya? Bisnis kuliner, apalagi bisnis cafe ini modalnya besar lho ? Makannya kamu harus menjadikan bisnis kuliner ini sebagai bisnis yang profesional, bukan sekedar main – main belaka.

Baca Juga : Memulai Usaha Baru Dengan Menggunakan Gerobak

Orang yang menjalankan bisnis kuliner hanya sebagai hobi biasannya hanya berpatok pada kuliner tertentu, yang ia sukai saja. Makannya orang yang berbisnis kuliner hanya dilatarbelakangi hobi saja cenderung minim inovasi. Padahal minim inovasi ini menjadi penyebab utama, mengapa usaha kuliner bisa mengalami kegagalan.

Menyamakan Bisnis Kuliner Seperti Bisnis Industri

Berbisnis kuliner tidak seperti bisnis industri. Karena bisnis kuliner tidak diproduksi oleh mesin – mesin yang menghasilkan produk beragam. Makanya restoran yang tidak mempunyai cita rasa kuliner yang tidak unik sama sekali cenderung rawan bangkrut.

Makannya dalam berbisnis kuliner diperlukan sebuah cita rasa yang berbeda. Cita rasa ini harus unik, agar konsumen mampu mengingat, cita rasa unik apa yang dihadirkan dalam sebuah usaha kuliner.

Menyediakan Kuliner Dengan Sajian yang Gak Mewah

Tampilan kuliner yang biasa – biasa aja mah, jangan harap bisnis kulinermu bisa besar, sangat susah sekali coy. Padahal tampilan kuliner yang eye cathcing itu ternyata bisa menggugah selera makan seseorang.Kalian pasti pernah menjumpaikan? Ada orang yang dari sejak kecil tidak suka kuliner tertentu, tapi ia menjadi suka dengan kuliner tersebut setelah sajian kulinernya ditampilkan secara mewah ?

Baca Juga : Mengetahui Keinginan Pelanggan Untuk Para Pebisnis Pemula

Makannya inovasi penyajian harus kalian kuasai betul. Perbanyaklah referensi penyajian kuliner yang sekiranya bagus untuk diterapkan pada kuliner yang kamu bisniskan. Ingat sebuah kuliner menyajikan tipologi penyajian yang berbeda – beda.

Pemilik Usaha Gak Mau Turun Gunung

Alangkah kerennya, jika pemilik usaha kuliner itu bisa ikut turun gunung, ikut membantu menyedikan kuliner yang enak dan layak konsumsi. Jangan hanya karena jadi bos, terus ongkang – ongkang kaki saja, tidak ikut mengontrol dapuran usaha kuliner yang sedang dijalankan.

Masih ingatkah dengan chef terkenal asal Jepang, Chef Hiromitsu Harada yang terkenal lucu itu ? Kata Chef Hara, tidak ada bisnis kuliner yang sukses besar, jika pemilik usaha kulinernya tidak ikut turun gurun, dalam menjalankan bisnis kuliner yang sedang dijalankan.

Gak Punya Konsep Usaha Kuliner yang Jelas

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa usaha kuliner itu harus selalu mengedepankan inovasi. Sebab usaha kuliner yang dijalankan tanpa inovasi, akan membuat konsumen Anda mengalami kebosanan akut.

Kalian tentu akan bosan bukan ? Jika memakan sebuah kuliner yang itu – itu saja ? Makannya konsep dalam usaha kuliner harus jelas. Mana yang menunjukan inovasi, ciri khas, segmentasi konsumen, dan jenis kuliner apa yang sekirannya cocok untuk kalian jalankan.

Baca Juga : Strategi Bisnis Usaha Kecil Agar Bisa Sukses

Inilah beberapa penyebab yang paling fatal dilakukan oleh para pemilik usaha. Jika usaha anda tidak ingin gagal maka hindari hal-hal yang telah dipaparkan diatas.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar