Tips Mengemas Sebuah Produk yang Unik dan Menarik

Tips Mengemas Sebuah Produk yang Unik dan Menarik


Saat kita ingin memulai sebuah usaha bisnis, tentu ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari penamaan produknya bagaimana, hingga pemilihan kemasan produk, yang sekiranya menarik untuk diterapkan pada produkmu.

Kemasan memang mempengaruhi betul, sukses atau tidaknya penjualan produk yang kalian tawarkan ke pasaran. Apalagi konsumen kalau mau beli apa – apa selalu lihat barangnya terlebih dahulu. Kalau kemasan produknya bagus, pembeli biasannya akan langsung membeli produk tersebut tanpa babibu.

Oleh sebab itulah, kalian harus merancang suatu kemasan produk yang sekiranya menarik. Berikut ada beberapa masukan, agar kemasan produk yang akan kalian jadikan sebuah produk, bisa terlihat lebih menarik.

Pakailah Warna – Warna Kemasan yang Cerah

Pemebli itu sangat suka warna – warna kemasan yang mencolok. Makannya, beberapa snak tertentu yang dijual di super market selalu habis. Snak tersebut diburu oleh pelanggan bukan hanya karena rasanya yang super enak. Tapi kadang juga dilatarbelakangi, oleh kemasan produk tersebut yang bisa dibilang cukup ngejereng.

Baca Juga : Berwirausaha Hanya Bermodal Smartphone

Warna – warna cerah ini bisa diadopsi pada produk kemasan. Untuk menjadikan produkmu tampaj lebih menarik perhatian. Beberapa warna cerah dan ngejreng salah satunya bisa berupa warna kuning, biru, putih, atau warna merah. Sebisa mungkin hindarilah warna – warna gelap seperti abu – abu.

Terapkanlah Desain Produk yang Sederhana

Kemasan produk harus menampilkan kesederhanaan. Baik dari segi desain gambar, maupun penempatan informasi produknya. Buatlah kemasan produk, yang informasi di dalamnya bisa terbaca dengan baik. Tentu saja keterbacaan itu bisa kamu dapatkan saat menerapkak desain produk yang sederahana.

Jangan sampai desain produkmu terlihat semrawud. Sebab akan membuat konsumen kebingungan, dalam mendapatkan informasi berkaitan dengan invo produkmu.

Manfaatkanlah Gambar yang Sekiranya Menarik

Konsumen cenderung suka dengan kemasan produk yang kaya akan ilustrasi visual. Appalagi ilustrasi visual tersebut unik, dan memorable. Oleh karenannya penting sekali kalian menerapkan gambar – gambar yang sekiranya menarik, di kemasan produkmu.

Jika produk yang kalian jual sabun, Maka kamu bisa menambahkan gambar kecantikan wanita Jepang yang berkulit putih bersih. Streotipe wanita Jepang, yang kalian terapkan pada kemasan produk sabun itu pasti akan mengundang penasaran konsumen. Dalam batin mereka. “ Wah aku bisa secantik orang Jepang nih, kalau menggunakan sabun ini “.

Baca Juga : Cara Sukses Membuka Usaha di Pinggir Jalan

Tambahkanlah Data Legalitas Dari Lembaga Perizinan Produk

Pemasangan data legalitas ke dalam produk, menjadi syarat paling pneting, untuk membuat kemasan produkmu lebih terlihat menarik. Apalagi konsumen sekarang tak mau banyak mengambil risiko, soal legalitasa produk yang tidak jelas.

Sebab, tanpa adanya cap legalistas dalam produkmu. Konsumen jadi tak akan percaya. Jangan – jangan produk ini mengandung formalin ? Jangan – jangan produk ini mengandung merkuri, jangan – jangan produk ini tidak halal. Segala jangan – jangan tadi, akan memenuhi pikiran para konsumen. Efek yang ditimbulkan tentu saja konsumen menjadi ragu.

Makannya selalu sertakan bukti legalitas produkmu di dalam kemasannya. Legalitas yang sering melekat pada sebuah produk kemasan salah satunya ada label halal MUI, nomor BPOM, standar SNI, standar ISO, dan beberapa label lain, yang menunjukan kalau produkmu sudah teruji keamanannya.

Gunakanlah Kemasan dengan Bahan yang Mudah Diperbaharui

Tahukah ? Bahwa perusahaan – perusahaan besar di dunia kini terlibat aktif, dalam mengupayakan kehidupan yang Go Green. Upaya itu diwujudkan oleh perusahaan – perusahaan besar itu dengan menggunakan kemasan produk yang ramah lingkungan.

Dampak dari alih pengubahan kemasan produk ini sendiri sangat baik. Selain bisa ikut Andil dalam melestarikan lingkungan, penggunaan bahan kemasan yang ramah lingkungan juga sangat menguntungkan disisi ekonomi.

Kemasan yang mudah diperbaharui ini sendiri biasannya bisa dipakai lagi. Sehingga kalian bisa mengelola kemasan bekas yang tak terpakai itu, menjadi kemasan baru yang bisa dipakai kembali.

Produkmu juga pasti bakalan semakin laris. Orang – orang yang menjadi aktivis peknjaga lingkungan pasti tak segan untuk membeli produkmu.

Tambahkan Informasi Penting Tentang Produk Anda

Dikemasan biasanya pembeli mencari informasi-informasi tentang produk yang anda jual tersebut, seperti Komposisi, harga hingga tanggal kadaluarsanya mengingat informasi tersebut sangat berarti bagi konsumen.

Maka sangat penting bagi anda untuk menambahkan informasi pada kemasan produk yang anda jual, buatlah sejelas-jelasnya dan engan bahasa yang baik agar mudah dipahami oleh pembeli.

Jadi saat kalian pingin membuat kemasan yang bagus. Jangan lupa poin – poin yang sudah dijelaskan di atas, kamu terapkan ya ? Dijamin kemasan produkmu akan terlihat lebih menarik, karena kemasan merupakan hal yang dipandang pertama kali oleh pembeli.

Baca Juga : Bisnis Sampingan Bagi Karyawan

Kemaslah dengan semenarik mungkin sehingga menambah daya tarik pembeli untuk membeli produk yang anda jual, dengan dikemas dengan unik dan sedemikian rupa akan memiliki cirri khas yang membedakan dengan produk lain.

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments