Skip to main content

follow us


Apakah anda sudah tau tentang strategi bisnis dalam memulai usaha?

Jika kita mau memulai usaha tidak ada salahnya kita harus tau strategi bisnis usahanya biar usaha yang akan kita bangun terencana dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Pribahasa mengatakan "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit" artinya yaitu usaha atau upaya yang dilakukan asalkan tekun dan terus-menerus pada akhirnya akan memberikan hasil yang maksimal.

Memiliki usaha sendiri memang impian semua orang termasuk saya sendiri, apalagi belakangan ini kewirausahaan di indonesia sudah lumayan cukup berkembang dan para usaha baru sudah mulai bermunculan. Melihat perkembangan yang begitu pesat seperti itu berbagai pelatihan sudah mulai menjamur, banyak dari mereka yang menawarkan pelatihan tentang Bagaimana cara menjadi pengusaha sukses, Bagaimana cara berbisnis yang baik, Bagaimana cara memulai bisnis, langkah-langkah untuk melakukan bisnis dan Strategi bisnis Usaha yang baik.

Baca Juga : Bisnis Online Pasif Income Terbaru Yang Perlu Anda Coba

Tapi kita mesti ingat bahwa kita jangan pernah berharap kalau usaha kita bisa sukses karena training dan pelatihan tersebut. Itu salah besar. Training dan pelatihan tersebut tidak pernah menjamin kesuksesan usaha kita kecuali diri kita sendiri. Training dan pelatihan itu hanya merupakan awal, gambaran dan prinsip-prinsip dari bisnis tersebut.

Usaha kecil memang agak susah maju serta susah barsaing apalagi seiring perkembangan zaman seperti saat ini kita harus pintar-pintar dalam hal pemasaran baik melalui media sosial atau media lainnya kalau tidak maka kita akan kalah bersaing dan usaha kita sulit berkembang, tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam usaha yang sedang di tekuninya.Mereka yang memilih untuk menyudahi bisnis usaha kecilnya bukan berarti mereka telah gagal.

Sebab pelaku bisnis usaha kecil memiliki tujuan yang sama yakni memiliki usaha yang besar. Namun walaupun begitu ada beberapa tips dan strategi bisnis usaha kecil bisa sukses seperti yang diuraikan berikut ini.

1. Mulailah dari Kesenangan

Dalam memulai usaha mestinya harus dari kesenangan dari kita jangan sampai kita memulai bisnis hanya karena ikut-ikutan saja kalau kita tidak senang dan cuman mengikuti trend usaha yang lagi banyak di gandrungi banyak orang saya yakin usaha anda sulit berkembang bahkan gagal. Kesenangan itu dapat memacu kita untuk terus berkarya sehingga kita tak pernah bosan akan usaha tersebut. Dengan kesenangan itulah membuat kita mampu untuk melakukan walau serumit apapun itu.

Baca Juga :  Tips Mengemas Sebuah Produk yang Unik dan Menarik

2. Pelajari Bidang Usaha tersebut

Sebelum memulai suatu usaha kita harus mempejari dan memahami terlebih dahulu usaha yang akan kita tekuni jangan sampai kita salah melangkah dalam menjalankan usaha yang akan kita rintis. Terkadang banyak usaha yang gagal karena belum menguasai dan memahami bidang usaha yang akan ditekuninya tersebut.

3. Menyusun Strategi

Setelah kita mempelajari bidang usaha yang akan kita tekuni selanjutnya kita harus menyusun strategi bisnis usaha yang jelas. Dengan begitu kita bisa berpikir dan menjadi panduan bagi kita bagaimana cara dan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengarahkan usaha tersebut agar bisa sesuai dengan yang direncanakan.

4. Mengetahui Pangsa Pasar

Dalam penyusunan rencana tentunya kita harus tau pangsa pasar untuk menjalankan bisnis kita ini. Semua usaha baru dimulai karena ada kebutuhan. Karena kebutuhan tersebut makanya ada pasar. Untuk itu kita harus melihat dan harus jeli melihat peluang tersebut sehingga produk yang kita pasarkan laku.

5. Ciptakan Keunikan

Semua keunikan pada umumnya selalu menarik perhatian orang. Oleh sebab itu, di awal usaha mestinya setiap produk harus mampu mencuri perhatian konsumen. Kita menciptakan keunikan untuk mencuri perhatian. Keunikan itu bisa diaplikasikan dalam bentuk merek, kemasan, cara penyajian, servis purna layanan, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Agar Sukses Membuka Usaha Jualan Dipinggir Jalan

6. Jangan Menunda-nunda

Dalam memulai usaha sebaiknya gunakan kesempatan yang ada jangan pernah menunda-nunda jika sudah ada kesempatan sebab kesempatan tidak bakal datang ke dua kalinya. Karena jika sudah lebih dulu orang lainnya memulainya maka saingan kita akan bertambah dan kesuksesan itu mungkin akan datang terlambat.

7. Jangan Terburu-buru

Meskipun Kesemptan sudah ada di depan mata bukan berarti kita harus buru-buru memulainya sebab semuanya harus dilakukan dengan cermat, direncanakan dengan baik dan dimulai pada saat yang tepat, Jadi harus melalui proses dulu dan strategi yang bagus.

8. Siapkan Diri

Dalam dunia usaha kalau diibaratkan seperti kompetisi, didalam kompetisi itu pastinya ada yang menang dan ada yang kalah. Hal itu sudah menjadi hukum alam, jadi persiapkan mental yang kuat dan tahan banting serta tidak pernah menyerah. Ubahlah persaingan menjadi tantangan.

Baca Juga : Peluang Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

9. Utamakan Kualitas bukan Harga

Banyak usaha yang mengalami kegagalan karena malah mementingkan harga bukan kualitas barang yang dijual, sebab menurut mereka jika harganya lebih murah dari pesaingnya maka produknya akan cepat laku. Hal seperti itu bukun untung yang akan didapat malahan rugi yang didapat karena sudah tidak menutupi modal yang telah di keluarkan.

Maka dari itu bersainglah dalam hal kualitas produk yang kita jual saja, pasti usaha kita menjadi berkembang karena sudah kualitas yang dikedepankan, kualitas yang buruk tentu saja membuat konsumen menjauh. Strategi bisnis yang seperti itu merupakan strategi bisnis yang salah karena pada umumnya kualitas produk yang baik dan terjamin, konsumen ikhlas membayar walau harganya sedikit agak mahal.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Yang Baik Dan Benar

Bagaimana sudah siap untuk memulai bisnis kecil yang kita minati? Tidak ada salahnya mencoba strategi bisnis usaha diatas jika kita mau memulai bisnis dari awal, mudah-mudahan tips dan trik ini dapat menambah ilmu kita dalam menjalankan dan memajukan bisnis yang akan kita rintis.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar