Manfaat Dari Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Dari Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh


Bengkoang atau Pachyrhizus erosus merupakan tanaman menjalar atau merambat yang memiliki panjang hingga 5 meter. Bengkoang memiliki akar yang bisa mencapai 2 meter dan memiliki umbi yang berwarna putih. Bagian umbi pada bengkoang inilah yang mengandung zat gizi yang sangat banyak sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Bengkoang sering dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi harian ataupun dijadikan bahan herbal untuk membuat ramuan kecantikan serta untuk mengobati berbagai macam penyakit. Umbi bengkoang memiliki beberapa kandungan gizi seperti vitamin A (retinol), thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), piridoksin (vitamin B6), vitamin C (asam askorbat), asam pantotenat, asam folat, protein, dan niacin.

Selain itu, terdapat juga kandungan lain berupa mineral seperti kalsium, fosfor, glukosa, zat besi, dan inulin. Ada juga kandungan kimia yang ditemukan pada umbi bengkoang seperti rotenon dan pachyrhizon.

Baca Juga : Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Permanen Tanpa Efek Samping

Umbi bengkoang sangat cocok untuk merawat kulit kering karena memiliki sifat pendingin yang didapatkan dari tingginya kadar air pada bagian umbinya. Penggunaan bengkoang sebagai bahan dasar untuk merawat kulit sangat mudah ditemukan pada produk-produk kosmetik pemutih dan pelembab kulit.

Selain sebagai bahan untuk merawat kulit, kandungan inulin pada umbi bengkoang juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti gula dan sekaligus menjadi penurun jumlah kalori pada makanan. Inulin juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dari bakteri baik pada usus kita.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kandungan dan manfaat bengkoang untuk kesehatan, berikut ulasannya:

1. Kesehatan Kulit

Umbi bengkoang yang mengandung vitamin A, B1 dan C dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti menyegarkan dan memutihkan kulit, menghilangkan flek hitam, serta menghambat terjadinya penuaan dini.

Umbi bengkoang memiliki kandungan vitamin A dan beta-karoten. Karoten merupakan senyawa yang dapat mengkonversi menjadi vitamin A dalam tubuh sekaligus menjadi antioksidan yang kuat. Vitamin A dapat menjaga kesehatan kulit, mencegah pertumbuhan dari sel kanker pada rongga mulut dan kanker paru-paru, sekaligus dapat menjaga penglihatan pada malam hari menjadi lebih optimal.

Pada bagian akarnya, terdapat kandungan vitamin C yang memiliki banyak fungsi seperti meningkatkan kekebalan tubuh, anti-penuaan, merangsang pertumbuhan tulang, serta mempercepat penyembuhan pada luka.

2. Penyakit Kolesterol

Dengan kandungan Vitamin C, bengkoang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Vitamin C dapat berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Untuk para penderita diabetes, bengkoang bisa dimanfaatkan dengan menyaring arinya lalu diminum sebanyak 2 kali sehari. Rutin mengkonsumsi ramuan ini dapat membantu untuk mengatasi penyakit diabetes yang diderita.

3. Sumber Energi

Bengkoang juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi karena mengandung 1,18 kalori dalam setiap gramnya. Sumber kalori ini sangat baik untuk dikonsumsi karena berasal dari karbohidrat kompleks dan serat makanan yang mudah larut.

Baca Juga : Cara Meningkatkan dan Melatih Kecerdasan Otak Anak Usia Dini

4. Disfungsi Metabolisme

Umbi bengkoang merupakan sumber vitamin B-kompleks seperti thiamin (vitamin B1), piridoksin (vitamin B6), asam pantotenat, asam folat, riboflavin, dan niacin. Beberapa dari vitamin ini berkhasiat untuk mengatasi masalah disfungsi metabolisme yang terjadi pada tubuh. Selain itu, bagian umbi bengkoang juga menjadi sumber nabati yang kaya akan mineral seperti kalium, besi, mangan, tembaga, fosfor, dan potasium.

Kalium sangat diperlukan dalam mengontrol detak jantung serta tekanan darah dan juga dapat melawan efek hipertensi dari natrium. Tembaga dan besi merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam produksi sel darah merah. Sedangkan mangan dimanfaatkan oleh tubuh sebagai antioksidan.

Nah, demikianlah sejumlah kandungan dan manfaat bengkoang untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan segala manfaat tersebut dengan mulai menjadikan bengkoang sebagai apotik hidup di halaman rumah Anda.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments