Beberapa Penyebab Dan Cara Mengurus Kartu ATM Yang Tertelan Mesin ATM

Beberapa Penyebab Dan Cara Mengurus Kartu ATM Yang Tertelan Mesin ATM


ATM atau Automatic Teller Machine merupakan adalah alat elektronik sebuah bank yang mengijinkan nasabah untuk mengambil uang maupun cek sisa saldo tanpa dilayani teller, jumlah ATM di indonesia juga banyak lebih dari 15ribu ATM tersebar diseluruh nusantara, seiring berkembangnya jaman pengguna ATM meningkat.

Jika anda pengguna kartu ATM baru mungkin sedikit waswas pasalnya dulu pernah ada berita kalau atm bisa dicuri dan dikuras saldo tabungan anda, itu memang benar, modus demi modus dilancarkan para penguras saldo atm dengan cara yang cukup sederhana yakni memasang kamera untuk merekam PIN atm anda dan mengganjal mulut mesin kartu atm dan membuat kartu ATM tidak bisa dikeluarkan.

Ini tentu berbeda dengan ATM yang tertelan dimesin, bagaimana pun juga ATM merupakan sebuah mesin yang pasti terdapat error, gangguan dan bahkan rusak dan adakalanya juga kartu ATM yang tertelan dari faktor manusianya. Menurut pengalaman saya penyebab kartu ATM tertelan dimesin ATM ada dua. Tidak ada salahnya kita mengetahui lebih dalam lagi hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan kartu ATM tertelan agar kita lebih waspada dan bagaimana cara mengatasi atau mengurusnya.

Baca Juga : Lakukan Beberapa Tips Ini Agar Aman saat Belanja Online

Pertama, Anda terlalu lama tidak mencabut kartu ATM anda sewaktu kartu atm anda keluar,dalam masalah ini saya menganalisa bahwa mesin ATM punya waktu beberapa detik agar kartu ATM diambil oleh nasabah jika lebih dari waktu tertentu maka kartu ATM anda akan ditelan mesin ATM.

Kedua, Pada waktu kartu ATM anda masih didalam atau anda masih melakukan pengambilan Listrik mati maka kartu ATM anda akan tertelan tidak bisa dikeluarkan sampai listrik hidup atau menunggu petugas ATM mengeluarkan kartu ATM anda.

Bagi teman-teman yang mengalami kejadian di atas usahakan jangan panik, karena jika panik maka akan membuat suasana menjadi tambah kacau. Berikiut ada beberapa solusi yang bisa dilakukan apabila kartu ATM anda tertelan oleh mesin.

1. Hubungi Customer Servis Bank Tersebut

Hal yang pertama dilakukan adalah segera menghungi customer service bank yang bersangkutan agar dari pihak bank melakukan pemblokiran sementara agar kartu ATM kita tidak bisa digunakan. Dan biasanya dari pihak bank akan menanyakan beberapa hal untuk memverifikasi kepemilikan kartu ATM yang tertelan oleh mesin tersebut, pertanyaan yang umum diajukan biasanya Nama, Alamat, Nomer rekening dan nama ibu kandung. Setelah memberikan informasi-informasi tersebut, Anda akan diminta untuk menunggu beberapa saat namun jangan menutup telepon terlebih dahulu sebelum proses pemblokiran telah selesai dilakukan.

2. Segera Kekantor Cabang Terdekat

Setelah kita menghungi customer sevice bank ada baiknya kita langsung datang ke kantor cabang bank terdekat untuk membuat kartu ATM yang baru, jangan lupa untuk membawa buku rekening tabungan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah itu, datangi bagian customer service bank tersebut dan beritahukan bahwa kartu ATM tertelan dan mau mengganti ATM baru. Biasanya CS akan menanyakan data pribadi untuk memvalidasi dengan data yang ada di database bank, kemudian anda akan diminta untuk mengisi form yang telah disediakan oleh pihak bank. Setelah proses administrasi selesai maka anda akan mendapatkan kartu ATM yang baru dan akan diminta untuk mengganti PIN kartu ATM atau tetap menggunkan PIN yang lama.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Sampingan Bagi Karyawan Dengan Mudah

Setelah mengetahui info ini, semoga Anda lebih memperhatikan lagi tata cara saat melakukan pengambilan uang di ATM, agar lebih aman. Jika anda punya cerita lain seputar penyebab kartu atm tertelan mesin ATM tuliskan dikomnetar dibawah.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments