Cara Mengetahui Keinginan Pelanggan Untuk Para Pebisnis Pemula

Cara Mengetahui Keinginan Pelanggan Untuk Para Pebisnis Pemula

Mana kah diantara pertanyaan ini yang benar? kita membutuhkan pelanggan atau pelanggan membutuhkan kita? Jawaban terbenar adalah kita membutuhkan pelanggan. Oleh karena itu, kita harus mendahulukan segala hal yang mendukung kenyamanan pelanggan di bisnis kita. saalah satu caranya adalah mengetahui keinginan mereka. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mengetahui keinginan mereka bagi pebisnis pemula seperti kamu parti bingung. Kalu kamu bingung, simak tips-tips berikut ini Cara Mengetahui Keinginan Pelanggan Untuk Pebisnis Pemula.

Banyak hal yang bisa kita lakukan jika kita sudah dapat memahami kebutuhan dan keinginan dari pelanggan kita. Pelanggan tidak bergantung pada kita, melainkan kita lah sebagai pelaku bisnis yang bergantung pada mereka. Hal ini menjadi sangat penting karena jika kita gagal melakukannya, bukan tidak mungkin konsumen akan segera berpaling dan meninggal bisnis yang kita bangun. Dengan begitu produk yang dijual adalah benar-benar produk yang dibutuhkan pelanggan, target pasar yang disasar sesuai dengan karakter produk kita. Namun ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui keinginan pelanggan terhadap sebuah produk yang kita miliki.

Strategi Mengetahui Kepuasan Pelanggan

1. Tanya Langsung

Jangan tunggu pelanggan mu menyampaikan keinginannya. kalu kamu mengetahui email merka, lebih baik langsung tanyakan. Tepat setelah dia menyelesaikan transaksi kirim kan email yang terdiri dari saran, kritik dan keinginan mereka.

2. Bersikap Menjadi Pelanggan

Coba kamu menjadi pelaggan dan lihat bisnis kamu sekarang. dari sudut pandang ini, kamu bisa mengetahui apa saja yang selama ini kurung dan di inginkan pelangganmu. Kalau sudah dapat, segera lakukan perbaikan untuk kemajuan bisnis kamu.

3. Kuesioner Atau Survei

Cra ini adalah cara lama. Kamu bisa mengerahkan page website kamu kehalaman kuesioner. Taruh bagian ini setelah transaksi. Berikan 5 pertanyaan singkat yang langsung di mengerti. Berikan pilihan-pilihan yang tidak terlalu sulit seperti sejutu, netral, dn tidak setuju.

4. Melihat Statistik Pengunjung

Pantau website kamu setiap hari. Lihat beberapa jumlah pengunjung dari hari ke hari bertambah atau berkurang. Ketika bertambah terus tingkatkan pelayanan kamu. Jika berkurang, evaliasi bisnis kamu. Siapa tahu ada keinginan pelanggan yang membuat mereka pergi dan tidk datang langsung ke website kamu. Keinginan pelanggan sebisa mungkin harus bisa kamu penuhi. Karena biasanya keinginan mereka sangat membantu bisnis kamu sekaligus membuat mereka betah untuk bertasaksi di tempat kamu. Jaga pelanggan kamu, demi bisnis kamu!

Tips Memenuhi Keinginan Pelanggan

Dalam setiap perjalan bisnis selalu ada peanggan yang membuatmu kesal. Dari mencaci maki bisnis kamu, menghasut pelanggan lain atau sampai menipu kamu. Ketika kamu ada di kondisi ini, kamu jangan salah melangkah. jika kamu sampai salah menangani, bisnis kamu bisa berakhir. Berikut kami beritahu langkah-langkah terbaik dalam menghadapi pelanggan dalam kriteria tersebut.

1. Pelanggan Cerewet

Jangan cepat kesal dengan pelanggan seperti ini. sebenarnya dengan “kecerewetan” dia sudah menolong kamu. kamu tidak perlu berbicara banyak hal. Cukup sampaikan informasi yang penting-penting. Sesekali jika dia mengalihkan pembicaraan, kamu harus mengarahkan kembali kejalan yang benar.

2. Pelanggan Arogan

Pelanggan jenis ini memang sangat membuatmu kesal mereka biasanya merasakan “so tahu” terhadap bisnis yang kamu jalani. sering kali mereka juga akan bisnis kamu dengan bisnis lainnya sambil merendahkan. Cara menghadapi pelanggan tipe ini adalah dengan tidak membantah dan mengganggu konsentrasinya dalam transaksi. Dengarkan dan tunggu sampai dia transaksi. Biasanya mereka tetap akan membeli produk kamu, karna sudah arogan dan tidak anak membeli mereka yang akan malu.

3. Pelanggan Yang Perhitungan

Sebenarnya tidak ada yang menyebalakn dengan pelanggan jenis ini. mereka hanya perhitungan dan membuat mu kesal. Jika kamu menghadapi pelanggan seperti ini sebaiknya kamu jelaskan produk kamu secara detail tawarkan apa saja kelebiahannya sampai dia nyaman utnuk membeli produk kamu.

4. Pelanggan Yang Suka Menawar

Bisnis online tanpa tawar menawar! Tidak juga, bung. Di bisnis ini sekalipun akan ada pelanggan yang masih menawar. saran kami, sebaiknya mungkin kamu bertahan. kalu mereka mulai membandingkan dengan produk kompetitor kamu. jelaskan bahwa mereka tidak akan rugi dengan barang yang kamu jual. Nikmatnya bisnis online adalah kamu tetap bisa bertransaksi dengan pelanggan selain itu, kamu tidak harus berdebat secara tatap muka sehingga bisa meminimalisasi emosi.

Laris atau tidaknya sebuah produk atau jasa yang kita kembangkan yang akan dipasarkan semua dipengaruhi oleh tinggi rendahnya keinginan pelanggan. Jadi, pahami terlebih dahulu keinginan pelanggan anda sebelum mulai melakukan pemasaran.

Demikian beberapa tips jitu bagaimana cara mengetahui keinginan pelanggan untuk pebisnis pemula. Untuk semakin memperkaya teknik dan skill dalam berbisnis, teman-teman bisa juga mengupdate informasi seputar bisnis serta layanan produk dan jasa keuangan pada blog ini dengan meninggalkan komentar di bawah ini, atau bisa juga langsung menghubungi admin blog ini. Semoga sukses.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments