Cara Mengatasi Handphone Android Lemot Dengan Mudah

Cara Mengatasi Handphone Android Lemot Dengan Mudah


Android merupakan salah satu OS (Operating System) yang terdapat pada smartphone. Sejak kemunculannya, Android sudah dapat menarik minat dari pengguna smartphone bahkan setelah itu banyak sekali bermunculan smartphone dengan OS lain yang mungkin lebih canggih. Namun android tetap mendapatkan tempat khusus di hati para penggunanya yang dikarenakan pengoprasiannya yang sederhana dan dapat memudahkan berbagai kegiatan penggunanya baik dalam hal komunikasi, bisniss, sosial media, dan lain sebagainya.

Dibalik kelebihannya yang mampu memudahkan berbagai kegiatan penggunanya, namun tak jarang para pengguna android juga mengeluh karena kelambanan kerjanya atau yang lebih sering disebut lemot. Biasanya kelemotan yang terjadi pada smartphone android adalah terlalu banyaknya aplikasi yang diinstal namun memori yang tersedia kurang dapat mencukupi atau minim.
Berikut adalah beberapa Cara Mengatasi Handphone Android Lemot.

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Seperti yang sudah disebutkan diatas, salah satu penyebab lemotnya android adalah terlalu banyak aplikasi yang diinstal namaun memori yang tersedia cukup minim. Maka salah satu jalan terbaikknya adalah dengan menginstal aplikasi-aplikasi yang memang sangat kita perlukan saja. Memang terkadang pada Androi terdapat aplikasi yang tidak kita perlukan terinstal secara otomatis, nah hal tersebut tentu saja dapat memenuhi kapasitas memori kita. Untuk itu rajin-rajinlah kita untuk memeriksa aplikasi-aplikasi yang terdapat pada android, yang aplikasi yang tidak kita butuhkan dapat kita uninstal dengan segera.

2. Rajin Membersihkan Cache

Cache merupakan sisa data dari aplikasi yang pernah atau telah kita gunakan atau lazinya disebut dengan history pada browser. Apabila chancenya telah penuh dan menumpuk, hal itu dapat menyebabkan kelemotan terhadap android. Bahkan dengan data-data yang tertinggal sebagai chance memungkinkan kapasitas memori kita akan termakan. Untuk mensiasatinya menginstallah aplikasi pembersih chance yang dapat kita download pada Play Store di android.

3. Hindari Penggunaan Widget Yang Berlebihan

Mungkin kita adalah salah satu tipe orang yang senang akan keindahan, termasuk keindahan pada tampilan gadjet yang kita miliki. Android memang memiliki banyak sekali aplikasi dan fitur yang menarik dan lucu. Hal ini bisa saja terletak pada interface android, seperti widget. HIndari penggunaa widget dan live wallpaper yang berlebihan karena dapat menyebabkan keborosan terhadap daya baterai dan menyebabkan kelemotan pada android kita.

4. Jangan Lupa Update Firmware

Firmware merupakan system operasi yanag terdapat pada perangkat android, misalnya Jelly Bean, Gingerbread, dan sebagainya. Apabila pada perangkat android kita muncul instruksi untuk melakukan update firmware maka langkah paling tepat adalah dengan segera mengupdatenya. Mengapa update firmware diperlukan? Karena dengan mengupdate firmware tersebut dapat memberikan peningkatan kinerja bagi smartphone kita. Jadi mulai sekarang jangan pernah abaikan untuk melakukan update terhadap firmware android kita. Oke

5. Dengan Melakukan Rooting

Rooting memang terbilang sulit dan sedikit merepotkan untuk dilakukan, karena apabila proses rotting mengalami kegagalan maka dapat beresiko bagi perangkat android kita. Dengan melakukan rooting, kita dapat menambah kinerja dari prosessor android kita. Sebenarnya rooting ini tidak begitu wajib dilakukan, namun apabila kita ingin meningkatkan performa perangkat android maka jangan ragu untuk melakukannya sendiri ataupun datang ke gallery terdekat.

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi handphone android lemot dengan mudah yang dapat dilakukan agar kinerja dari smartphone android Anda jauh dari kata kelemotan, selamat mencoba!
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments